Alhambravip – Kemenkumham serahkan sertifikat kekayaan LGO4D intelektual pada dosen Unand

Alhambravip – Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual( DJKI) Departemen Hukum serta Hak Asas Orang( Kemenkumham) RI memberikan akta hak kekayaan intelektual LGO 4D berbentuk paten tertera pada 12 dosen di Universitas Andalas( Unand), Sumatera Barat( Sumbar).

” Tidak hanya 12 dosen Unand, DJKI Kemenkumham pula memberikan akta paten tertera pada para arsitek dari akademi besar lain di Provinsi Sumbar,” tutur Bagian Jasa Hukum serta HAM Kemenkumham Sumbar Ruliana Pendah Harsiwi di Padang, Sabtu.

Penyerahan akta paten itu difasilitasi penuh oleh DJKI semenjak cara registrasi serta pengecekan subtantif informasi sampai kesimpulannya mencapai status granted. DJKI bekerja sama dengan akademi besar buat memudahkan cara hak paten tiap kreasi yang terbuat para arsitek.

” Akta ini kita serahkan pada 24 orang arsitek dari Universitas Negara Padang, Politeknik Negara Padang serta Universitas Andalas,” tutur Ruliana.

Berakhir memberikan akta paten, Kemenkumham Sumbar mensosialisasikan uraian paten pada para dosen, badan riset serta pengembangan dan pelakon upaya. Tujuannya buat mendesak kreatifitas dan menciptakan ekosistem di aspek kekayaan intelektual spesialnya paten.

” Kemenkumham berambisi semua kekayaan intelektual yang terdapat tertera alhasil terdapat proteksi hukum atas kreasi yang ditemui arsitek. Ini pula bermaksud supaya tidak disalahgunakan oleh pihak tidak bertanggung jawab,” ucap ia menerangkan.

Pada peluang itu, Kemenkumham pula menyongsong bagus Provinsi Sumbar yang berkontribusi besar kepada lahirnya 1. 559 paten. Perihal itu sekalian meyakinkan intensitas kenaikan mutu pembelajaran mengenai hak kekayaan intelektual, tercantum untuk pelakon upaya mikro kecil serta menengah( UMKM) dalam mencegah haknya.

” Akuisisi hak paten ini seharusnya bisa jadi dini ekspedisi inspiratif serta hasil oleh para arsitek di Ranah Minang,” cakap ia.

Terakhir, beliau mendesak hak paten yang sudah dikantongi para arsitek tidak cuma hingga dekorasi saja. Tetapi, lebih dari itu, hak paten tertera yang sudah diterbitkan DJKI Kemenkumham diharapkan dibesarkan selaku angka upaya LGO4D RTP dan berakibat ekonomi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *